Wednesday, May 4, 2016

Lagu Penyuluhan #VoluntripRound2



Kami sengaja menggunakan lagu-lagu untuk melakukan penyuluhan karena penonton kami adalah anak-anak usia SD. Berikut ini adalah lirik lagu yang saya dan teman-teman gunakan saat penyuluhan. Liriknya bukan buatan kami. Jadi saya lampirkan sumber inspirasi kami yaa..

1. Lagu Penyuluhan Sikat Gigi (Nada lagu “Bangun Pagi)

Bangun pagi ku terus mandi
Tidak lupa sarapan pagi
Habis makan ku sikat gigi
Nafas segar kuman pun mati

Malam hari sebelum tidur
Sikat gigi lalu berkumur
Ayo kawan rawat gigi mu
Gigi putih senyum tak malu

NB: Lagu ini sebenarnya bersumber dari sebuah video, tapi entah kenapa saya ngga bisa upload videonya. Maap ya...

Dari lagu ini, Aini menjelaskan bahwa sikat gigi itu seharusnya setelah sarapan pagi. Saya pun jadi ngeh bahwa selama ini saya salah -__-



2. Lagu Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun alias CTPS (Nada lagu “Bermain Layang-layang”)

Ayo kita cuci tangan
Cuci tangan yang benar
Basahi tangan dengan air mengalir
Lalu gosok dengan sabun

Tlapaknya..
Punggungnya..
Juga di sela tangan..
Jangan lupa di bawah kuku tangan
Jempol juga pergelangan..

Bilas dengan air mengalir
Lalu kita keringkan
Keringkan dengan handuk atau tisu
Itulah cara yang benar

NB: Setelah tahu lagu ini, saya jadi tahu cara cuci tangan yang benar :) Selama ini cuma gosok-gosok aja.


3. Lagu Penyuluhan Bahaya Rokok (Nada lagu “Sakitnya Tuh Di Sini”) tapi ngga jadi dipake karena sudah ada kegiatan eksperimen :p


Teganya dirimu
Menyebarkan asapmu
Asap yang beracun
Dari rokokmu

Inilah hasilnya
Aku jadi sakit
Sakit paru-paru
Dan buat diriku hancur

Sakitnya tuh di sini.. di paru-paru ku
Sakitnya tuh di sini.. karena rokokmu
Sakitnya tuh di sini.. jadi sesak napasku
Sakitnya tuh di sini.. aku perlu ke dokter

Sesak.. Sesak..
Kalau hirup asapmu..
Sesak.. Sesak..
Pusing kepalaku..

(Sumber: Video Youtube ini https://www.youtube.com/watch?v=fqh6F5QNfjQ 
dengan sedikit perbaikan)


4. Eksperimen Bahaya Merokok
Inspirasi Percobaan Bahaya Merokok yang dilakukan oleh Rima dkk. dapat dilihat di sini



No comments:

Post a Comment