Saturday, December 3, 2016

Melbourne: Prolog



Suatu hari di bulan Maret 2016, dr. Vita bertanya pada saya mengenai apakah saya punya paspor. Saya bilang saya punya. Kemudian saya bertanya “Untuk apa ya Dok?” Beliau kemudian menawarkan kesempatan untuk ikut short course dengan Prof. Harry Minas di University of Melbourne melalui skema beasiswa Australia Award Fellowship.

I was beyond happy. Tentunya. Karena saya memang punya cita-cita untuk kuliah di luar negeri. Cita-cita itu saya sebut terus dalam doa. Termasuk titip titip doa ke teman saya dan ibunya teman saya yang umroh waktu itu (Nana dan Tante Ari mamahnya Dina, makasih yaa J ) dan juga titip doa ke Tante saya (adik dari ibu), Bi Neneng, yang pada 10 September 2016 lalu sudah berpulang ke Allah setelah berjuang melawan kanker. Sungguh terima kasih.

Untuk bisa ke Australia ini, saya sempat menolak sebuah tawaran pekerjaan yang menurut saya cukup ideal. Bi Neneng lah yang mendorong saya untuk menolak pekerjaan tersebut. Saya ingat betul kejadiannya. Waktu itu saya sedang menjenguk beliau di Rumah Sakit. Saya cerita tentang kebimbingan saya. Ambil tawaran pekerjaan yang udah pasti dapet atau ambil kesempatan kuliah yang belum tentu dapet (saat itu, saya belum resmi jadi peserta kuliah karena masih menunggu proses seleksi yang dilakukan oleh Prof. Harry). Bi Neneng bilang, “Ambil kuliah aja atuh”. Tapi kan belum pasti. “Nggapapa coba dulu aja”. Tapi ibu bilang mending ambil tawaran kerja. “Udah, ambil kuliah aja. Utet coba keluar dari zona nyaman lah. Utet kan belum pernah ke luar negeri. Mumpung ada kesempatan, pergi lah”. Saat itu saya terpengaruh sekali oleh kata-kata beliau dan jadi tidak bimbang. Saya tolak tawaran kerja tersebut.

Beberapa bulan setelah saya ambil keputusan itu, saya mendapat kabar bahwa saya tidak terpilih jadi peserta. Sedih? Tentunya. Tapi saya tetap berdoa dan titip doa sana sini supaya bisa kuliah ke LN.
Ngga lama setelah kejadian itu, saya dapat kabar saya terpilih jadi peserta joint research workshop dengan teman-teman dari University of Manchester dan Rumah Sakit Marzoeki Mahdi, Bogor. Saya pikir, mungkin ini jawabannya. Ngga dapet Australia, eh dapet kesempatan belajar riset. Alhamdulillah. Tapi deep inside tetap berharap suatu saat bisa dapat kesempatan sekolah.

Suatu hari di bulan Oktober, dr. Vita kembali menghubungi saya. Beliau bertanya “Mbak, bisakah pergi 1 bln ke Melbourne?”

Rasanya kaya ada kembang api di dada :D

YES.  

Awalnya saya hanya masuk di waiting list peserta, tapi karena ada peserta yang mengundurkan diri, saya masuk jadi peserta. HOREEEEEE :D Emang ya kalau rezeki mah ngga kemana. Alhamdulillah.

No comments:

Post a Comment