Tuesday, February 21, 2017

Olahraga



Olahraga
Suatu hari di bulan Desember 2016, saya melihat artikel brightside yang dibagikan teman saya di Facebook tentang olahraga 4 menit yang katanya setara dengan nge-gym 1 jam (judul artikelnya A 4-Minute workout that’s worth an hour at the gym). Olahraganya simpel banget: 60 detik squats, 30 detik push-ups, 30 detik mountain climbers, 60 detik lunges, dan 45 detik jumping jacks. Semua bisa dilakukan di kamar :D Hehehe.
Sejak saat itulah saya berolahraga rutin. Kalau ngga sempat di pagi hari, biasanya saya olahraga sebelum tidur. Tapi ya itu…Cuma 4 menit. Begitu saya cerita ke ibu, ibu saya bilang: Mana ada olahraga cuma 4 menit. Hahahaha. Bener juga si emak. Tapi waktu itu saya ngga kepikiran untuk nambah waktu olahraga.
Kemudian sekitar 1 bulan yang lalu, ketika lagi ngomongin soal olahraga, Pradina bilang dia lebih seneng olahraga sejenis aerobik gitu, lalu dia kirim video Tabata Workout ke saya.


Saya pun tertarik untuk mencoba. Saya siapin diri dulu tuh untuk ngga makan/minum biar ngga muntah pas olahraga. Tabata sendiri diciptakan oleh Izumi Tabata. Yang saya tempe (bosen sama tahu), tabata adalah sejenis high intensity interval training dengan interval 20 detik exercise cukup keras (all-out-effort) dan 10 detik istirahat yang (katanya) cepat dalam membakar kalori. Pada percobaan pertama, saya ngos-ngosan, bibir saya pucat, dan rasanya ngga kuat. Akhirnya saya berhenti di tengah selama beberapa menit untuk istirahat dan minum. Setelah jantung rasanya enakan, saya lanjut olahraga. Oiya, ternyata kalo minumnya ngga lebay, nggapapa kok dibawa olahraga.
Setelah 3 hari rutin olahraga itu, saya mulai terbiasa. Pun ngos-ngosan, saya masih bisa lanjut ngikutin videonya sampai selesai dengan jeda istirahat sesuai dengan yang ada di video.
Untuk variasi, saya juga liat-liat video Tabata lainnya. Dan ini adalah salah satu yang saya juga karena musiknya bikin semangat dan gerakannya do-able.


Sebagai tambahan, saya juga rutin melakukan “5-Minute Plank Exercise”. Kata teman saya yang guru olahraga, untuk mengecilkan perut (menjaga bentuk perut) olahraga yang lebih disarankan adalah plank. Kenapa? Karena risiko cederanya lebih rendah daripada sit-up. Jadi akhirnya saya coba juga deh si plank exercise ini. 

Sumber: http://images.huffingtonpost.com/2014-01-23-fiveminuteplankworkout.jpg


Alhamdulillah, setelah rutin olahraga, saya mulai merasakan manfaat olahraga. Yang pertama, saya jadi ngga gampang sakit. Biasanya dulu kalau pulang malam, keesokan harinya saya bakal langsung flu/bersin-bersin. Sekarang ngga. Kedua, dulu kalau menstruasi, saya biasanya akan merasakan nyeri haid. Nyerinya ngga sampai bikin ngga bisa ngapa-ngapain sih, tapi tetep aja sakit. Sekarang ngga (YEAY!). Ketiga, metabolisme rasanya jadi lebih baik. Berat badan saya naik ke berat badan ideal. Mudah-mudahan ini pertanda penyerapan nutrisi di badan saya jadi makin bagus :D Aamiin. Keempat, saya jadi merasa lebih sehat aja dan ini mempengaruhi “perasaan berdaya” saya. Good for my mental health. 

Itulah manfaat-manfaat olahraga yang saya rasakan. Ngga cuma buat fisik aja, tapi buat mental. Naaah, kalo begitu…yuk, tunggu apa lagi. Mari mulai kebiasaan rutin berolahraga! Yoga boleh, Tabata ok, Zumba mari, terserah deh. Yang sesuai dengan minat dan kemampuan (fisik maupun kantong) aja. Hahahaha.

2 comments:

  1. diet sukses setelah baca artikel ini.. makasih kak...

    bonus referral seumur hidup di daftar sbobet resmi

    ReplyDelete

  2. mantep banget artikelnya/.... topik yang sedang saya cari

    kunjungi juga Autobet88

    ReplyDelete